KASUS : KPU vs BAWASLU

Keinginan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) untuk ikut berlaga pada Pemilu 2014 rupanya kembali terhambat, setelah KPU menolak keputusan Bawaslu yang memenangkan gugatan sidang ajudikasi.

Sebelumnya, elite PKPI sempat bernapas lega ketika dinyatakan lolos sebagai peserta pemilu dengan keputusan Bawaslu RI Nomor 012/sp-2/Sep.Bawaslu/I/2013 tentang lolosnya Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) sebagai peserta Pemilu 2014.

Dalam sidangnya, Bawaslu menetapkan, mengabulkan permohonan pemohon dan membatalkan Keputusan KPU Nomor 05/Kpts/KPU/Tahun 2013 Tentang Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2014, sepanjang untuk Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Indonesia. Menurut Bawaslu, keputusan ini bersifat final, dan KPU harus menjalankannya.

PKPI, pada verifikasi partai politik sebagai peserta pemilu, oleh KPU dinyakan tidak lolos, dan kemudian melakukan gugatan ke Bawaslu dengan membawa bukti-bukti.

ANALISIS KASUS

  • BAWASLU meloloskan PKPI sebagai peserta pemilu tahun 2014
  • Namun KPU menolak keputusan tersebut dengan alasan PKPI tidak memenuhi salah satu syarat yaitu tidak menyertakan sekurang-kurang nya 30% keterwakilan perempuan dalam kepengurusan partai politik tingkat pusat.
  • Ternyata dalam kasus tersebut KPU maupun BAWASLU telah melakukan kesalahan
  • KPU telah mengeluarkan putusan Nomor 05/kpts/KPU/tahun 2013 tentang penetapan partai politik peserta pemilu tahun 2014 yaitu “Perubahan keputusan ini dapat dilakukan berdasarkan keputusan Badan Pengawas Pemilu atau putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara atau putusan Mahkamah Agung sebagaimana dimaksud dalam pasal 259 ayat (2) dan ayat (3) serta pasal 269 Undang-Undang nomor 8 tahun 2012.”
  • Sedangkan jika melihat pasal 259 ayat 1 uu no.8 tahun 2012 bahwa Bawaslu tidak mempunyai hak untuk menganulir hasil verifikasi partai politik.
  • Namun BAWASLU juga melakukan kesalahan yaitu menindaklanjuti keputusan tersebut
  • Bagi PKPI sebagai pihak yang dirugikan bisa mengajukan gugatan atas kesalahan yang dilakukan oleh KPU dan BAWASLU ke Dewan Kehormatan Penyelengara Pemilu (DKPP).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s