Analisis Kasus

CONTOH KASUS :

Roni cemburu kepada Sony Karena Sony dianggap Roni telah berselingkuh dengan istrinya. Lalu Roni membunuh Sony. Pada waktu Roni akan membunuh Sony, dia menceritakan rencananya ini kepada Akbar. Pertanyaannya siapa saja yang menjadi tersangkanya/ Lalu pasal apa saja yang dapat dikenakan kepada tersangka tersebut? Jelaskan!

ANALISIS

Pasal-pasal yang terkait dengan kasus tersebut:

* UU No.1 Tahun 2005 tentang Perzinaan

Pasal 1 huruf C : “Zina ghoiru muhson adalah kegiatan upaya perzinaan yang dilakukan oleh seorang laki-laki atau lebih dan seorang perempuan atau lebih, yang belum mempunyai atau menjalani hubungan pernikahan”

Pasal 2 :”Demi terhindarnya kegiatan upaya perzinaan, maka segala tindakan yang berhubungan atau mendekati dan atau dapat mengarah padanya juga termasuk pelanggaran”

Pasal 7 ayat (1) : “Barang siapa yang melanggar ketentuan yang diatur dalam pasal 1 huruf a, huruf b dan huruf c Undang-Undang ini, dipidana dengan hukuman kurungan selamanya-lamanya 8 (delapan) bulan atau denda setinggi-tingginya Rp. 6.000.000,- (enam juta rupiah)”

* KUHP Bab XIX tentang Kejahatan terhadap Nyawa

Pasal 338 : “Barang siapa yang sengaja menghilangkan jiwa orang lain, karena pembunuhan biasa, dihukum dengan hukuman penjara selama-lamanya 15 tahun.

Pasal 340 : ” Barang siapa dengan sengaja dan direncanakan lebih dahulu menghilangkan jiwa orang dihukum karena bersalah melakukan pembunuhan yang direncanakan dengan hukuman penjara seumur hidup/penjara selama-lamanya 20 tahun.”

*KUHP Bab V tentang Penyertaan dalam melakukan perbuatan pidana

pasal 56 ke-2 : “Mereka yang sengaja memberi kesempatan, sarana atau keterangan untuk melakukan kejahatan

TERSANGKA

1. Istri Roni

dianggap bersalah dan dapat ditetapkan sebagai tersangka karena telah melanggar pasal 7 ayat (1) UU No.1 tahun 2005 tentang perzinaan. Istri Roni diduga telah berzina dengan Sony, dimana dia masih berstatus sebagai istri atau dalam menjalani hubungan pernikahan dengan Roni. Dia dapat dipidana dengan hukuman kurungan selama-lamanya 8 bulan atau denda setinggi-tingginya Rp. 6.000.000,-

2. Sony

Sony juga bisa dituntut dengan pasal 7 ayat (1) UU No. 1 tahun 2005 tentang Perzinaan karena dia diduga telah melakukan perzinaan dengan istri Roni. Namun karena Sony meninggal maka kasus dianggap selesai.

3. Roni

Roni telah terbukti telah melakukan pembunuhan terhadap Sony dan dapat dikenakan pasal 340 KUHP karena Roni telah merencakan pada sebelumnya pembunuhan tersebut. Roni dapat dijerat dengan hukuman penjara seumur hidup atau hukuman mati atau selama-lamanya 20 tahun.

4. Akbar

Akbar juga dapat ditetapkan sebagai tersangka karena dia dianggap telah membantu pembunuhan yang dilakukan Roni terhadap Sony dengan memberi kesempatan pada Roni dalam pembunuhan tersebut, sesuai pasal 56 ke-2 KUHP. Akbar tidak melakukan tindakan pencegahan ketika Roni menceritakan rencana pembunuhan tersebut. karena Akbar hanya sebagai “pembantu” dalam pembunuhan tersebut maka dia mendapat keringanan hukuman yaitu ancaman hukuman hanya 25% atau dikurang 1/3 dari hukuman sebenarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s