Ruhut Sitompul Dipecat dari Partai Demokrat

Image

Jakarta, Seruu.Com – DPP Partai Demokrat dikabarkan memecat Ruhut Sitoempul sebagai Ketua Departemen Komunikasi dan Informatika. Langkah ini dilakukan karena Ruhut dikabarkan kerap meminta Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum mundur.

Sekretaris Komisi Pengawas Partai Demokrat Suaidi Marasabesi yang dikonfirmasi, tak menjawab tegas. Ia mengaku belum melihat surat keputusan pemecatan Ruhut.

”Kami akan cari SK pemecatannya dan akan kami pelajari. Saya tidak mau menduga-duga bahwa seperti yang Anda tanyakan bahwa Anas sedang berupaya mengkonsolidasikan kekuatan dan mengeliminasi lawan,” kata Suaidi, Kamis (13/12/2012).

Suaidi hanya membenarkan mantan Ketua DPP Partai Demokrat Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK), Sudewo yang telah dipecat oleh DPP PD, kembali diangkat menjadi salah satu Ketua DPP. Namun dengan jabatan berbeda.

“Dulu memang kami di Komwas mengusulkan pencopotan dirinya sebagai salah satu ketua DPP ke Dewan Kehormatan yang kemudian mengambil keputusan untuk mencopotnya dan itu harus dilaksanakan oleh DPP. Keputusan itu sudah dilaksanakan dan kini kalau DPP kemudian kembali mengangkat dia maka itu menjadi keputusan DPP,” ujarnya.

Keputusan itu, lanjut, Suaidi menjadi kewenangan penuh DPP. Dewan Kehormatan tidak berhak mencampurinya. Ditanyakan apakah DPP tengah melawan Dewan Kehormatan yang dipimpin oleh Ketua Dewan Pembina PD Susilo Bambang Yudhoyono, Suaidi menyatakan Komwas sedang mempelajari hal itu.

Ditanyakan apakah dengan demikian, maka Angelina Sondakh maupun kader-kader Partai Demokrat lainnya yang bermasalah dengan hukum juga akan bisa dikembalikan jabatannya seperti halnya Sudewo, Suaidi menjawab bahwa kasus Sudewo berbeda.

Politikus Partai Demokrat I Gede Pasek Suardika yang sebelumnya menjabat Ketua Departemen Pemuda dan Olahraga mengaku mendapatkan posisi baru sebagai Ketua Divisi Komunikasi Publik menggantikan Andi Nurpati  yang kini ditempatkan di divisi Hubungan Antarlembaga. Namun, Pasek tak mau berkomentar mengenai pengangkatan kembali Sudewo dan pemecatan Ruhut.

”Saya cuma pengurus harian, coba tanyakan saja hal itu kepada pengurus harian terbatas mereka yang tahu tentang itu,” kata dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s