Pilkada Bangkalan Berlangsung Lancar

BANGKALAN – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bangkalan, Madura, Rabu, berlangsung dengan aman dan lancar, meski sebelumnya sempat terjadi kerusuhan akibat adanya salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati yang dicoret oleh KPU setempat.

Sejak sekitar pukul 07.00 WIB, warga 18 kecamatan di Kabupaten Bangkalan berduyun-duyun mendatangi tempat pemungutan suara di desa mereka masing-masing.

“Pemungutan suara digelar di 1.854 tempat pemungutan suara (TPS),” kata Ketua KPU Bangkalan, Fauzan Djakfar, Rabu.

Ada dua pasangan calon bupati dan wakil bupati yang bersaing dalam pilkada Bangkalan kali, yakni pasangan pasangan cabup/cawabup Nizar Zahro dengan Zulkifli dengan nomor urut 2, dan pasangan Makmun Ibnu Fuad dan Mundir Rofii dengan nomor urut 3.

Sebelumnya, ada tiga pasangan calon yang mendaftar ke KPU Bangkalan pada pilkada kali ini, yakni pasangan KH Imam Bukhori Kholil dan Zainal Alim. Namun pasangan ini dicoret berdasarkan putusan PTUN, karena tidak memenuhi syarat administratif.

Kecuali pasangan Imam-Zain yang memang telah menyatakan akan golput pada pilkada kali ini karena dianggap tidak fair, semua pasangan cabup/cawabup bupati Bangkalan, telah menggunakan hak suaranya.

Cabup nomor urut 3 Makmun Ibnu Fuad menggunakan hak pilihnya di TPS 14 di Kelurahan Pangeranan, sedangkan wakilnya Mundir Rofii di TPS 16 Kelurahan Mlajah, Bangkalan.

Cabup Nizar Zahra menggunakan hak suaranya di TPS 08 Perumahan Griya Abadi, Desa Bilaporah, Kecamatan Socah, Bangkalan, sedangkan wakilnya Dzulkifli menggunakan hak pilihnya di Dzulkifli di TPS 7 Kelurahan Demangan.

“Hasil pantauan sementara yang dilakukan petugas di berbagai TPS di 18 kecamatan pelaksanaan pilkada di Bangkalan berlangsung dengan lancar,” kata Kapolres Bangkalan AKBP Endar Priantoro menjelaskan.

Jumlah pemilih di Kabupaten Bangkalan berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 880.029 orang, menyusut sebanyak 17.059 orang dari daftar pemilih sementara yang mencapai 897.987 orang.

Rinciannya meliputi sebanyak 436.560 orang pemilih laki-laki dan sebanyak 461.427 orang pemilih perempuan. Para pemilih ini tersebar di 1.854 tempat pemungutan suara (TPS) di 281 desa/kelurahan di 18 kecamatan di Kabupaten Bangkalan.

Pada pelaksanaan pilkada kali ini, Polres Bangkalan menerjunkan sebanyak 3.500 personel gabungan dari unsur Polri dan TNI, dibantu personel dari Satpol PP pemkab setempat.

Wartawan ANTARA di Bangkalan melaporkan, antusias warga untuk datang ke tempat pemungutan suara, terpantau kurang. Bahkan di beberapa TPS di Kecamatan Kota Bangkalan, justru banyak warga yang tidak menggunakan hak pilihnya alias golput.

Warga yang golput ini, kebanyakan merupakan pendukung KH Imam Bukhori Kholil-Zainal Alim, salah satu bakal calon bupati Bangkalan yang dicoret oleh KPU Bangkalan, karena terkendala berkas administrasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s